Apa Itu Kemasan Food Grade – Tidak semua jenis plastik bisa digunakan untuk kemasan makanan. Sebagai produk yang langsung dikonsumsi oleh banyak orang dan mempengaruhi kesehatan bahkan kehidupan manusia, penggunaan bahan plastik yang digunakan dalam kemasan tidak bisa sembarangan dipilih. Plastik food grade adalah jawaban dan bahan yang digunakan untuk kemasan Anda.

Hal ini karena setiap jenis plastik memiliki kandungan kimia dan zat yang berbeda yang mempengaruhi produk yang dikemasnya. Untuk memudahkan para produsen makanan, pada artikel ini kami merangkum jenis-jenis plastik yang dapat digunakan untuk kemasan makanan. Namun, sebelum kita mendalami lebih jauh jenis-jenis plastik food grade yang cocok digunakan pada produk makanan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan food grade packaging.

Apa Itu Kemasan Food Grade

Istilah food grade mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Baik konsumen maupun produsen harus familiar dengan istilah tersebut. Semakin banyak orang yang sadar akan kesehatannya, istilah ini semakin akrab dan menarik perhatian banyak orang.

Masalah kesehatan telah menjadi sesuatu yang telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir. Wajar jika kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk akhir juga mendapat banyak perhatian.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa food grade adalah suatu standarisasi yang telah melalui banyak tahapan hingga dapat digunakan dan aman untuk pangan. Kemasan makanan food grade juga berarti wadah pengemasan yang digunakan untuk mengemas produk pangan yang terjamin mutunya dan tidak melepaskan zat berbahaya ke dalam pangan.

Jenis plastik food grade:

Hingga saat ini, hanya kertas pembungkus yang digunakan untuk mengemas makanan, apalagi jika makanan tersebut adalah makanan siap saji. Kertas sudah sangat populer sebagai kemasan makanan dan banyak kertas yang diberi label food grade.

Sebagai bahan yang kuat dan fleksibel, plastik juga memiliki standar kualitas makanan. Sayangnya, masih ada orang yang belum mengetahui hal ini. Sebenarnya, plastik memiliki tanda khusus yang mudah dikenali jika plastik tersebut aman untuk makanan.

Simbol segitiga panah dengan angka di dalamnya merupakan contoh kemasan plastik food grade. Ada juga beberapa kemasan dengan logo garpu dan kaca yang disebut Tara Pangan. Simbol Tara Makanan adalah simbol yang harus disertakan oleh produsen kemasan makanan.

Setidaknya ada 4 jenis plastik yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan

PETE atau PET (kode 1)

Sangat cocok untuk produk minuman mulai dari air mineral atau jus. Sifatnya yang kuat dan bening sangat direkomendasikan untuk dikemas dalam produk minuman, oleh karena itu banyak produk minuman yang menggunakan plastik jenis ini.

Kemasan ini hanya untuk sekali pakai dan tidak direkomendasikan untuk produk dengan suhu di atas 60 derajat Celcius.

HDPE (kode 2)

High-density polyethylene adalah jenis plastik dengan ketahanan kimia yang baik. Seperti kemasan PET yang direkomendasikan untuk botol plastik air mineral dan sejenisnya, kemasan dengan kode nomor 2 cocok untuk botol susu, liter air minum, botol obat.

LDPE (kode 4)

Plastik LDPE berkode 4 di dalamnya merupakan plastik fleksibel yang bisa digunakan untuk keperluan snacking. Botol plastik crushable adalah plastik yang menggunakan jenis LDPE. Meski cukup sulit terurai, zat yang terkandung di dalamnya tidak dapat mencemari makanan yang dikemas dengan kode ini. Sangat direkomendasikan untuk tas belanja, kemasan segar, makanan ringan.

PP (kode 5)

Antara lain, tipe PP dengan kode nomor 5 di segitiga panah sangat disarankan untuk digunakan dalam kemasan makanan. Banyak juga produk yang bisa dipakai berulang kali jika kodenya nomor 5. Produk seperti botol minum, wadah makanan, kemasan snack (biskuit, sereal, keripik), sedotan, adalah contoh dari plastik PP.