Manfaat Jahe untuk Asam Lambung – Penggunaan jahe untuk asam lambung masih menjadi perdebatan. Sebagian orang menganggap ini hanya mitos, namun banyak juga yang mengklaim bahwa jahe efektif untuk mengobati asam lambung. Jadi, yang mana yang benar?

Manfaat Jahe untuk Asam Lambung

Gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Padahal, setelah makan, cairan ini harus ada di perut untuk mencerna makanan dan minuman.

Penyakit asam lambung bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gejalanya pun beragam, mulai dari perih atau nyeri di dada dan mulas (heartburn), mual, muntah, sakit tenggorokan, hingga suara serak.

Selain mengonsumsi antasida, ada cara lain yang diklaim bisa meredakan asam lambung. Salah satunya dengan mengkonsumsi tanaman herbal, seperti jahe.

Fakta Medis tentang Penggunaan Jahe untuk Asam Lambung

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Pendapat bahwa jahe efektif untuk asam lambung bukan tanpa alasan.

Hal ini didukung oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit perut, dan mulas akibat asam lambung. Bahkan, manfaat jahe untuk asam lambung dikatakan tidak kalah dengan khasiat obat GERD.

Berikut cara kerja jahe dalam mengatasi penyakit asam lambung:

  • Mengurangi peradangan di perut

Asam lambung bisa meningkat ketika lambung menjadi meradang. Bila ini terjadi, perut bisa menjadi iritasi dan menimbulkan gejala. Beberapa penelitian menemukan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

  • Mengurangi asam lambung naik ke tenggorokan

Zat antioksidan yang terdapat dalam jahe, seperti fenolat dan flavonoid, diketahui dapat mengendurkan otot-otot di dinding perut. Berkat efek yang satu ini, jahe bisa mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Jadi, manfaat jahe untuk asam lambung bukan hanya mitos, ya. Anda bisa mencoba menggunakan tanaman rimpang ini sebagai obat herbal untuk mengobati GERD dan sakit maag.

Namun, ingat. Saat gejala GERD kambuh, Anda juga perlu mengubah pola makan dan menghindari makanan pemicu asam lambung, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, makan teratur, dan mengurangi stres, hingga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai penggunaan jahe untuk asam lambung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, jika gejala asam lambung atau maag yang Anda alami tidak kunjung membaik meski telah diobati dengan jahe, segera periksa kan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Baca juga cara mengobati fistula ani, semoga membantu.

Cendana Parc Property

Promo Cendana Parc Residence

Hunian mewah & eksklusif di kota Tangerang. Perumahan Cendana Parc telah hadir di kota tercinta dengan harga yang cukup ekonomis mulai 600 jutaan.