Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan – Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan ragam makanan khas yang lezat, tetapi juga beragam minuman tradisional yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi dan zat yang terkandung di dalamnya juga sudah lama dipercaya berkhasiat untuk membantu mengobati berbagai penyakit.

Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan

Meski terdapat berbagai jenis minuman tradisional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, namun sebenarnya proses pengolahannya tidak jauh dari seduhan bumbu dan tanaman herbal. Bahan-bahan tersebut membuat minuman tradisional kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat utama dari minuman tradisional adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itulah minuman tradisional baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Aneka Minuman Tradisional Indonesia dan Khasiatnya

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman tradisional Indonesia dan manfaatnya:

  1. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional Jawa Barat yang terbuat dari jahe dan gula merah. Agar rasanya lebih nikmat, minuman ini biasanya juga ditambahkan dengan campuran serai, susu, dan kelapa muda.

Saat menikmati bandrek, tubuh Anda akan terasa hangat karena efek jahe. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, jahe di bandrek juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membantu meredakan gejala flu, batuk, pusing, demam, mual dan muntah, bahkan nyeri sendi.

  1. Bajigur

Bajigur juga merupakan minuman tradisional dari Jawa Barat yang tidak kalah nikmatnya dengan bandrek. Bajigur memiliki rasa manis dan gurih karena terbuat dari gula aren dan santan. Dalam penyajiannya, bajigur sering ditambahkan kolang-kaling, jahe, dan kayu manis.

Meski memiliki rasa yang manis, mengonsumsi bajigur tidak membuat kadar gula darah cepat naik, lho. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga kadar gula darah dapat tetap stabil.

Tak hanya itu, berbagai nutrisi dan zat yang terkandung dalam gula aren, jahe, dan kayu manis dalam bajigur juga menjadikan minuman ini baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem pencernaan, serta mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah.

  1. Beras Kencur

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Beras kencur. Ya, minuman yang satu ini mudah ditemukan di banyak daerah di Indonesia dalam bentuk jamu. Meski terbuat dari beras dan rimpang kencur, minuman ini juga dibuat dengan menggunakan berbagai bahan lain, seperti asam jawa atau jahe, gula merah, dan daun pandan.

Secara turun-temurun, jamu beras kencur telah digunakan untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit perut, pilek, dan nyeri dada. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada kencur juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

  1. Sari Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal khas Indonesia yang sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman herbal ini mengandung berbagai nutrisi dan zat yang memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antioksidan, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jamu memiliki banyak manfaat, mulai dari mengobati sakit kepala, sakit perut, perut kembung, sembelit, radang sendi, dan sariawan, hingga meningkatkan kekebalan dan nafsu makan.

  1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional Jawa yang memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya. Hal ini karena wedang uwuh terbuat dari campuran berbagai bumbu, mulai dari potongan jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, hingga minyak serai.

Wedang uwuh telah lama dikenal khasiatnya dalam meredakan gejala flu, seperti pilek, batuk, demam, menggigil, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, ada juga manfaat lain dari mengkonsumsi wedang uwuh yang tidak kalah pentingnya, seperti meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan rasa mual, serta meredakan nyeri otot dan persendian.

Sebenarnya masih banyak lagi minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti teh talua Sumatera Barat, bir pletok Betawi, dan Sarabba khas Makassar.

Untuk mencicipi minuman tradisional di atas, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti tips atau cara pembuatan yang banyak tersedia di TV dan media digital.

Jika Anda tidak yakin atau tidak punya waktu untuk membuat minuman tradisional sendiri, kini hadir beberapa produk minuman tradisional dengan rasa yang lebih nikmat dan tidak terlalu pahit. Produk minuman ini dikemas dalam bentuk yang praktis, seperti kemasan sachet, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Namun, untuk amannya, pastikan produk minuman tradisional kemasan yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM.

Agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit, konsumsi minuman tradisional perlu dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, konsumsi nutrisi sehat dan seimbang, serta istirahat yang cukup.

Itu dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, memang berbicara mengenai kesehatan tidak akan ada habisnya. Pastinya semua orang sangat menginginkan hidup yang sehat, akan tetapi orang tersebut kurang memperhatikan gaya hidupnya. Untuk mengetahui kondisi dari tubuh Anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan medical check up dengan layanan Paket Medical Check Up Murah. Sudah banyak juga perusahaan yang menggunakannya, semoga bermanfaat.

Cendana Parc Property

Promo Cendana Parc Residence

Hunian mewah & eksklusif di kota Tangerang. Perumahan Cendana Parc telah hadir di kota tercinta dengan harga yang cukup ekonomis mulai 600 jutaan.