Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Otot – Mialgia dapat dimanifestasikan oleh aktivitas sehari-hari seperti kelelahan dan olahraga dalam olahraga. Selain itu, nyeri sendi dan otot bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Rasa sakit biasanya mereda setelah beberapa hari, tetapi kondisi ini bisa mengganggu dan tidak menyenangkan.

Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Otot

Oleh karena itu, berbagai perawatan biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Ada beberapa cara untuk mengobati kondisi ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jadi obat apa yang bisa Anda konsumsi untuk mengobati mialgia? Temukan jawabannya di artikel selanjutnya!

Obat untuk mengobati nyeri otot

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sakit adalah dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Biasanya jenis obat yang dikonsumsi adalah analgetik yang disebut juga dengan analgetik. Jenis obat yang dapat Anda konsumsi adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan

Parasetamol

Salah satu jenis obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengobatinya adalah parasetamol. Obat ini tidak hanya meredakan rasa sakit, tetapi juga membantu meredakan demam dan sakit kepala. Namun hati-hati, overdosis obat ini bisa berakibat fatal, jadi jangan berlebihan saat mengonsumsi parasetamol.

Obat anti inflamasi non steroid (NSAID)

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) membantu meringankan gejala nyeri yang lebih parah. Anda dapat mengonsumsi NSAID seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium. Penggunaan obat ini harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter, karena dapat menimbulkan efek samping yang serius.

Baca Juga: Apa itu Anhidrosis dan Penanganannya

Antidepresan

Jelas, antidepresan juga sering digunakan untuk mengobati keluhan nyeri sendi dan otot. Obat jenis ini konon bisa membantu mengatasi gejala kelelahan yang dialami tubuh.

Kortikosteroid

Ini adalah jenis obat yang diberikan dengan cara disuntikkan langsung ke dalam tubuh. Obat ini dibuat menyerupai kortisol, hormon alami tubuh yang dapat mengurangi peradangan dan peradangan dalam tubuh. Pemberian obat jenis ini dimaksudkan untuk merangsang efek sedatif yang kurang lebih sama dengan hormon kortisol.

Istirahat untuk menghilangkan rasa sakit

Selain minum obat, gejala nyeri juga bisa diatasi dengan istirahat di rumah dan melakukan perawatan diri. Jika kondisi ini disebabkan oleh olahraga atau malaise, perawatan di rumah biasanya membantu meringankannya.

Baca Juga: Mengenal serta cara pencegahan Sarkopenia

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi rasa sakit:

  • Istirahatkan bagian tubuh yang sakit.
  • Ini memberi tekanan pada otot yang terasa sakit dan bengkak.
  • Lakukan peregangan ringan.
  • Jangan melakukan aktivitas fisik yang berat, terutama di area di mana Anda merasakan sakit di tubuh Anda.
  • Teruslah bergerak dan berolahraga, tetapi jangan memaksakan diri. Beberapa jenis olahraga nyeri otot yang bisa dicoba saat yoga atau jalan kaki.
  • Minum obat penghilang rasa sakit sesuai kebutuhan.

Jika gejala nyeri tidak kunjung hilang setelah istirahat dan minum obat pereda nyeri, segera ke rumah sakit. Gejala yang lebih serius mulai muncul, terutama pada kasus lain. Karena hal ini bisa menjadi tanda awal dari masalah kesehatan yang lebih serius. Segera lakukan medcial check up murah jika rasa nyeri tak kunjung sembuh.

Untuk Anda yang menanyakan harga paket medical check up, Anda bisa kunjungi website plazamedis untuk informasi lebih lenkapnya. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Cendana Parc Property

Promo Cendana Parc Residence

Hunian mewah & eksklusif di kota Tangerang. Perumahan Cendana Parc telah hadir di kota tercinta dengan harga yang cukup ekonomis mulai 600 jutaan.