Teknik Memasarkan Produk dengan Tepat – Bagaimana memasarkan suatu produk sehingga laku untuk produk baru merupakan tantangan tersendiri bagi pengusaha baru. Ini karena produk baru perlu mendapatkan perhatian lebih dan semua perjuangan dalam bisnis bisa sangat sulit pada awalnya.

Teknik Memasarkan Produk dengan Tepat

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk memasarkan produk barunya. Saat ini produk baru juga berpeluang untuk tumbuh dan berkembang seperti produk yang sudah memiliki branding yang kuat. Dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan strategi yang tepat, pengusaha dapat membuat produknya lebih laku.

Akan tetapi, bagaimana memasarkan suatu produk agar laku membutuhkan usaha yang berulang dan terus menerus. Oleh karena itu pengusaha juga perlu mengetahui cara terbaik agar produk disukai pelanggan. Ketika pelanggan puas, cocok, dan menyukai produk Anda, potensi pembelian ulang atau repeat order semakin besar.

Sebelum memasarkan suatu produk, Anda juga perlu melakukan riset pasar tentang minat konsumen. Intinya, Anda perlu mencari tahu apakah produk yang akan Anda jual sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Mencari tahu tentang minat dan kebutuhan konsumen adalah langkah awal sebelum Anda memasarkan produk Anda karena sebaik apapun Anda memasarkan produk Anda, jika produk tersebut tidak begitu menarik dan dibutuhkan masyarakat, maka akan gagal juga.

Bagi pengusaha baru yang sedang mempersiapkan produknya untuk dijual di pasaran, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan!

  1. Jadikan tampilan produk mengesankan

Bukan hal baru lagi bahwa penampilan suatu produk bisa menjadi salah satu hal yang meyakinkan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penampilan produk adalah segalanya, apalagi jika produk Anda adalah produk makanan.

Penampilan produk tidak hanya bagaimana tampilan produk tetapi juga bagaimana tampilan dapat menarik perhatian pelanggan dan menjadikan produk sebagai top of mind konsumen.

Namun, bagi produsen yang baru saja meluncurkan produk, seringkali tampilan produk tidak terlalu diperhatikan. Ini adalah langkah yang salah karena dengan membuat produk terlihat konsisten sejak awal, Anda telah melakukan investasi yang tepat pada produk Anda.

Penampilan produk sangat penting karena menjadi identitas produk Anda selamanya. Tidak sedikit brand ternama yang terkenal karena produknya memiliki tampilan produk yang konsisten sejak awal. Tampilan produk dapat mencakup banyak hal. Desain produk akan memainkan peran utama dalam hal ini.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat desain kemasan produk yang menarik dengan menciptakan identitas tersendiri. Identitas ini akan menjadi cara produk dikenal dan diingat oleh konsumen. Anda bisa bermain dengan warna yang khas, tipografi yang unik, atau menambahkan maskot pada kemasannya.

Tampilan produk yang mengesankan juga akan membuat konsumen mengingat produk dengan baik. Kemasan akan membuat produk terlihat berbeda dengan produk sejenis karena kemasan produk Anda memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan produk pesaing.

  1. Gunakan platform digital

Di era yang semuanya menggunakan teknologi jaringan internet, Anda juga perlu memasarkan produk menggunakan platform digital. Dalam hal ini Anda bisa menjual produk melalui berbagai media yang tersedia di jaringan internet.

Misalnya seperti media sosial, marketplace, atau memasarkannya melalui website sendiri. Untuk pemula, Anda bisa memasarkan produk Anda menggunakan media sosial terlebih dahulu. Apalagi saat ini sudah banyak media sosial yang menyediakan tempat berjualan.

Instagram dan Facebook merupakan dua platform media sosial yang menggunakan masif dan menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan pembeli dan penjual bertransaksi. Anda dapat membuat akun bisnis dan mengunggah informasi produk ke akun tersebut.

Jangan lupa sertakan gambar yang menarik dan informasi produk yang jelas. Anda bisa menjelaskan harga, manfaat produk, dan cara pemesanan melalui unggahan yang ada.

Anda dapat membuat produk Anda terlihat menarik meskipun Anda memasarkannya melalui platform online apa pun asalkan produk Anda juga menggunakan kemasan dengan tampilan yang menarik. Hal ini masih bersinggungan dengan penjelasan sebelumnya.

Memasarkan produk melalui platform digital akan sangat membutuhkan kepercayaan konsumen. Untuk membangun kepercayaan konsumen, Anda bisa meminta testimoni dari konsumen sebelumnya. Testimoni dari konsumen lain akan membangun kepercayaan konsumen bahwa produk Anda bukan penipuan dan hal-hal ilegal lainnya.

Selain itu, media digital mengandalkan tampilan visual yang kuat. Anda juga dapat membuat video yang berhubungan dengan produk Anda.

  1. Berikan promosi yang menarik

Program promosi dapat menarik minat terhadap produk baru. Promosi yang ditawarkan produk baru dapat membuat pelanggan ingin mencoba produk tersebut.

Ada banyak promo yang bisa Anda tawarkan. Yang paling umum adalah diskon, pembelian gratis atau mendapatkan bonus, ada juga penawaran untuk pengiriman gratis. Anda dapat membuat promosi lain yang menarik minat pelanggan baru.

Tidak hanya itu, program promosi juga bisa berlaku untuk pelanggan yang sudah ada. Jika Anda bergabung sebagai mitra ojek online, Anda juga dapat memberikan diskon yang akan menarik pelanggan untuk membeli produk Anda.

Promosi bisa menjadi pancingan yang cukup baik bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan.

  1. Jaga dan pertahankan kualitas produk

Konsisten dalam memberikan kualitas produk merupakan hal yang sering tertinggal. Biasanya produsen akan senang ketika pertama kali melakukan bisnis, tetapi ketika mereka memiliki beberapa pelanggan, ada perubahan pada produk.

Produsen harus terus menjaga dan menjaga kualitas produk seperti yang sudah ada sejak awal. Atau, jika ada perubahan maka perubahan itu untuk kebaikan.

Untuk produk makanan, ini bisa menjadi sangat bermasalah jika Anda mengubah beberapa bahan atau kualitas produk menjadi lebih buruk atau tidak sesuai dengan standar awal. Konsumen dapat langsung mengenali perbedaan rasa yang akan menyebabkan produk Anda tidak lagi dilirik.

Anda juga dapat menjaga kualitas produk dengan menggunakan kemasan plastik fleksibel. Pengemasan dapat menjaga kualitas produk karena bahan yang ada dapat melindungi produk dari berbagai hal yang membuat produk cepat rusak.

Saat memasarkan produk melalui internet, Anda juga perlu memastikan kemasan produk dapat menjaga produk dalam kondisi baik. Seringkali kemasan rusak selama proses pengiriman. Hal ini dapat membuat konsumen kecewa karena produk jadinya berantakan dan tidak menarik karena kemasannya yang rusak.

Kesimpulan

Untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas konsumen, produsen pada dasarnya membutuhkan kemauan dan komitmen yang serius. Hal ini dilakukan secara terus menerus dan berkepanjangan karena menjaga kepuasan pelanggan akan mendatangkan penjualan yang baik.

Bagi para produsen yang masih ragu untuk mengemas produknya, bisa banget berkonsultasi dan menemukan jawaban terbaik untuk pengemasan yang akan berujung pada peningkatan penjualan bersama tim kami. Kunjungi situs dari Temapack untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai Kertas Nasi Coklat.

Cendana Parc Property

Promo Cendana Parc Residence

Hunian mewah & eksklusif di kota Tangerang. Perumahan Cendana Parc telah hadir di kota tercinta dengan harga yang cukup ekonomis mulai 600 jutaan.