Pentingnya Menggunakan Kemasan Food Grade Pada Makanan – Dalam pengemasan produk makanan, wajib sekali menggunakan kemasan yang berbahan food grade. adapun fungsi kemasan tersebut adalah sebagai wadah suatu makanan sekaligus melindunginya dari berbagai kontaminasi dari luar. Karena sifatnya yang bersentuhan langsung dengan produk, sebuah bahan kemasan mestilah menggunakan bahan yang tidak mengandung bahaya maupun risiko buat kesehatan.

Pentingnya Menggunakan Kemasan Food Grade Pada Makanan

Mungkin sebagian dari kita sudah cukup tau mengenai kemasan makanan berbahan food grade ini, yang sudah cukup familiar pada industri makanan ataupun minuman. Namun, belum banyak sebagian orang dari kita yang betul-betul memahami arti, manfaat maupun syarat dari jenis pengemas seperti ini.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita simak ulasan singkat berikut ini

1. Arti kemasan food grade

Mungkin Banyak orang yang bertanya Sebenarnya, food grade itu apa sih?

Food grade merupakan istilah untuk material pembungkus atau wadah yang aman untuk digunakan pada makanan yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Sebuah pengemas masuk kategori sebagai kemasan makanan food grade jika setidaknya memenuhi syarat seperti:

  • tidak berbau
  • tidak bocor
  • tidak bereaksi dengan makanan.

Kemasan makanan Food grade menjadi jaminan mutlak bagi para konsumen saat mengkonsumsi produk makanan. Oleh sebab itu, para produsen di industri makanan harus benar-benar menyediakan kemasan yang terjamin mutu dan keamanannya.

Tanpa adanya logo food grade, konsumen biasanya agak enggan membeli suatu produk makanan.

2. Manfaat menggunakan kemasan makanan food grade

Baik produsen maupun konsumen akan sama-sama mendapatkan keuntungan ketika menggunakan kemasan makan tersebut, sebagai berikut:

Aman untuk Konsumen

Setiap konsumen berhak mendapatkan jaminan keamanan dalam mengkonsumsi suatu produk makanan. Bukan hanya dari kualitas makanannya saja, melainkan dari bahan pengemasan yang digunakan. Mau sesehat dan seaman apa pun produk makanan, tentu akan jadi sia-sia apabila bahan kemasan yang digunakan berbahaya.

Oleh sebab itu, konsumen cenderung sangat teliti dalam memeriksa keamanan pangan. Salah satunya tentu lewat kemasannya yang menjadi hal pertama ketika membeli suatu produk. Adanya logo food grade jelas menjadi garansi untuk  keselamatan konsumen.

Menjaga Mutu Makanan

Kemasan makanan food grade sangatlah membantu produsen dalam mempertahankan mutu dan kualitas produk yang dijualnya. Tanpa adanya sifat berbau atau mudah bocor dari kemasan tersebut, sebuah produk makanan akan tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.

Memperpanjang Waktu Simpan

Usia simpanan suatu produk makanan jelas sangat bergantung pada jenis kemasan yang digunakan. Kebanyakan kemasan makanan berbahan food grade memiliki kemampuan untuk memperpanjang waktu simpanan produk. semakin baik jenis bahan kemasannya, maka batas kedaluwarsa makanan pun dapat lebih panjang.

Meningkatkan Kualitas Brand

Penggunaan kemasan makanan yang berkualitas dan aman jelas akan secara otomatis menaikkan reputasi sebuah brand. Tingkat kepercayaan konsumen pun menjadi meningkat terhadap makanan yang dibelinya.

3. Syarat Kemasan Makanan Food Grade

Adapun bahan pengemas makanan dengan standar food grade harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut ini:

  • Tidak mengandung zat berbahaya. Apabila terdapat kemasan dengan bahan dasar yang berbahaya bagi tubuh jelas tidak masuk sebagai kategori kemasan makanan yang aman. Sebagai kemasan primer, sebuah pembungkus tidak boleh bereaksi dengan makanan secara langsung. Pasalnya, zat berbahaya yang terkandung didalam kemasan dapat dengan mudah berpindah ke tubuh melalui makanan tersebut.
  • Tidak mengubah rasa makanan. Kemasan yang memiliki bau menyengat akan lebih berpotensi mengubah rasa dari makanan. Jenis kemasan dengan sifat seperti ini juga tidak boleh di gunakan oleh produsen sebagai pembungkus makanan.
  • Mampu menjaga kualitas makanan. Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, Tidak semua produk makanan dapat langsung terjual habis. Masa penyimpanan produk yang cukup lama biasanya akan berimbas terhadap kualitas produk yang di pasarkan. Untuk itu, kemasan makanan food grade harus bisa menjaga mutu dan kualitas makanan hingga ke tangan konsumen.

Dari ketiga poin tersebut sangatlah jelas betapa pentingnya menggunakan kemasan food grade pada makanan . kemasan makanan yang digunkan menjadi tolak ukur para produsen makanan terhadap keamanan makanan tersebut. adapun kemasan makanan yang lulus dari ketiga kriteria tersebut terdapat label food grade atau logo sendok dan garpu sebagai tanda keamanan pangan. sekarang sudah banyak percetakan kemasanan makanan yng mengeluarkan kemasan makanan food grade.